Wednesday, December 3, 2008

Easy Ways to Gain Weight

I share this topic in Bahasa Indonesia first... because Indonesian people want to gain weight, mostly hahahahaa...

Kenapa sih kurus?

Faktor umum penyebab berat badan rendah atau underweight adalah keturunan/genetic, malnutrisi, penyerapan makanan terganggu pada saluran cerna, stress/depresi, malas makan, usia lanjut, masalah ekonomi, dan bisa juga karena penyakit dan efek samping obat seperti kanker, TBC, hipertiroid, dan diabetes mellitus (kencing manis).

Penyebab kurus dari faktor genetic tanda-tandanya kita makan normal bahkan berlebih tapi teteup aja kurus. Harus ditelaah ni dari silsilah keluarga.

Faktor stress dan depresi dapat menghilangkan selera makan sehingga berat tubuh tidak meningkat. Selain itu, dalam kondisi stres dan depresi, kadar hormon adrenalin akan meningkat tajam. Tubuh akan memakai cadangan kalori/energi. Sintesis lemak menjadi berkurang mengakibatkan berat badan makin kurus atau sukar naik.
Berikut ini cara gampang menaikkan berat badan. Sederhana kok!

  1. Biasanya tuh, orang kwashiorkor atau marasmus diterapinya pake makanan tinggi protein. Hehehe tapi serius kok untuk menambah bobot wajib mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan protein. Jangan lupa olahraga teratur 3-5 kali seminggu. Kalo kurus mending pilih olahraga yang bisa menambah beban otot, jangan aerobik, ntar tambah hilang massa tubuhnya kalo aerobik. Tapi aerobik bisa melatih otot jantung dan detoks tubuh, jadi sekali-kali aja ga papa. Atur komposisi yang seimbang antara olahraga beban dan aerobik.
  2. Kalori per hari ditambahkan antara 500-1000 kal, jadi cari makanan yang mudah didapat dan disukai.
  3. Menambahkan porsi jangan lebai ya, alias jangan berlebihan. Lakukan secara bertahap agar tidak sebah (abdominal discomfort).
  4. Dari segi psikologis penting juga untuk menambah berat badan. Minta dukungan dari lingkungan. Biasanya kan pasien BB rendah malas atau tidak suka makan. Jadi harus disemangati dan diperingatkan untuk makan, walaupun tidak lapar.
  5. Terakhir, carilah pasangan hidup! Hahaha, jika beban kerja berat bikin stres, mengakibatkan bobot turun, just having spouse akan membuat relax. Hidup penuh senyum!

Eitz... belum tau cara menambahkan kalori dalam diet kita? Gini nih mudahnya.

  1. Komposisi karbohidrat, protein, dan lemak harus dikonsumsi secara seimbang. Lemak tak jenuh sebanyak 30% (minyak zaitun, minyak kanola). Protein sebanyak 12-20% (daging sapi, daging ayam, telur, ikan, udang basah, keju, kacang-kacangan. Sisa yang lainnya adalah karbohidrat seperti nasi, nasi jagung, kentang, singkong, talas, ubi, roti, makaroni, havermut).
  2. Jika ekstra kalorinya pengen 500, kita bisa menikmati cemilan 1 mangkuk es krim, 8 biskuit, dan 30 gr keju. Atau bisa konsultasi ke saya J
  3. Ekstra 1000 kalori bisa diperoleh dari 1 lembar roti, 60 gr keju, 230 cc yogurt buah, 1 buah pisang ukuran sedang, apel, dan ½ potong cheese pizza. Kesulitan juga? Bisa tanya menu lain kok ke saya ^_^
  4. Campurkan lebih banyak makanan berkalori pada setiap porsi makan. Misalnya, tambahkan potongan telur ke dalam kentang tumbuk (mashed potato) atau ayam cincang dan keju dalam sup.
  5. Suka cepat kenyang? Bisa kok menghabiskan porsi sedikit demi sedikit. Maksudnya di satu waktu makanan bersisa, simpan aja dulu, baru dimakan lagi kemudian. Di sisi lain kita nggak buang-buang makanan kaaaan, biar barokah!
  6. Suka jus? Campuran jus bisa menambah kalori lhoo.
  7. Jangan memusuhi lemak, karena ada juga lemak yang baik. Makanan berlemak baik dapat ditambahkan ke dalam makanan seperti kacang-kacangan, alpukat, zaitun, dan ikan kaya omega 3 seperti makarel dan teman-teman.
  8. Susu penambah berat badan juga bisa dikonsumsi jika tidak ada alergi ataupun lactose intoleran alias mules-mules karena ga biasa minum susu. Susu penambah berat badan mengandung kalori 1 kal/cc yang lebih tinggi daripada susu biasa yang hanya 2/3 kal/cc.

0 comments:

Post a Comment

You can read, you may comment.. but no spamming. key! ^_^